Pantai Slili Jogja

Menikmati Keindahan Biota Laut Pantai Slili dan Surganya Udang Laut

Ombaknya yang tenang dengan menghantarkan buih-buih air laut yang mengalir ke bibir pantai dengan udaranya yang segar ditambah pasir pantainya yang halus dan bersih membuat Pantai Slili jadi tempat pilihan untuk berlibur menikmati keindahan pantai sesungguhnya.

Selain itu, deretan gazebo yang ada tepat menghadap pantai Slili juga bisa jadi pilihan untuk bersantai menikmati panorama pantai yang masih alami sambil menikmati es kelapa muda segar yang bakal memberikan kesan yang tak terlupakan saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai Slili Jogja

Pantai Slili memang sudah sejak lama dikenal sebagai pantai dengan tempat yang sangat indah dan berbagai aktvititas seru bisa dilakukan termasuk bermain air hingga berenang di pantainya tanpa harus khawatir dengan ombak laut.

Tak hanya itu saja jika beruntung, wisatawan juga bisa menikmati ritual ruwat laut sebagai ungkapan rasa syukur warga sekitar pantai atas kehidupan yang sejahtera hingga tanah dan sumber daya alam yang melimpah.

Ruwat Laut

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Slili berprofesi sebagai petani namun dikala musim tertentu seperti musim kemarau saat areal sawah tidak bisa ditanami karena minimnya air hujan, warga akan memanfaatkan pantai ini sebagai tempat untuk mencari udang, memanen rumput laut hingga mencari udang sebagai mata pencaharian lain mereka.

Melimpahnya hasil bumi dan kayanya sumber alam yang bisa dijadikan sumber penghidupan bagi warga sekitar inilah yang kemudian diwujudkan dalam bentuk rasa syukur melalui ritual ruwat laut sebagai ucapan terima kasih atas suburnya lahan yang mereka tempati.

Ritual ini biasanya berlangsung sekali dalam setahun dan dikenal dengan nama Sadranan yang biasanya dilaksanakan setiap minggu pahing dalam setahunnya.

Prosesi ini biasanya dilakukan dengan melarung berbagai macam hasil bumi mulai dari buah-buahan, beras, hingga nasi tumpeng yang akan dibawa beramai-ramai hingga ke tengah laut.

Prosesi ruwat laut yang menarik ini pulalah yang menjadi daya tarik tersendiri dari keberadaan Pantai Slili. Wisatawan bahkan tak hanya sekedar menikmati ritual budaya yang masih dijaga hingga saat ini, tapi juga ikut berpartisipasi dengan turut serta melarung hasil-hasil bumi itu hingga ke tengah laut yang tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi siapapun yang ikut di dalamnya.

Menikmati Es Kelapa Muda Segar

Ketika berkunjung ke pantai Slili ini juga jangan lupa untuk menikmati es kelapa muda segar yang dipetik langsung dari pohon kelapa yang tumbuh di sekitar Pantai Slili yang rasanya manis sekaligus menjadi obat paling ampuh untuk menghilangkan dahaga sambil menikmati keindahan pantai Slili yang memanjakan mata.

Mendaki Bukit Karang

Di sebelah timur Pantai Slili terdapat sebuah bukit karang yang berukuran besar yang sangat menantang untuk di daki. Tenang saja, meski masih pengunjung yang masih awam sekalipun, bukit ini tetap aman untuk di daki karena lumayan landai dan tidak terlalu tinggi.

Ketika berada di atas puncak bukit ini, pemandangan Pantai Slili dan hamparan laut lepas sejauh mata memandang akan tersaji dengan sangat indah yang dijamin akan membuat pengunjung tak ingin beranjak dari puncak bukit ini.

Berenang dengan Udang

Jauh sebelum pantai ini dibuka untuk kawasan wisata, warga sudah memanfaatkan pantai Slili sebagai tempat untuk mencari udang khususnya di musim kemarau. Pantai ini memang dikenal sebagai habitat udang yang banyak khususnya di antara bebatuan karang dan terkadang bersembunyi di antara rerumputan laut yang tumbuh subur di bawah permukaan pantai Slili.

Membantu warga menangkap udang juga bisa menjadi sesuatu yang menarik sambil menikmati keindahan biota laut Pantai Slili termasuk bercanda dengan berbagai jenis ikan hias laut yang sesekali berenang di antara kaki pengunjung atau bermain di antara rumput laut.

Menikmati Kuliner

Berbagai jenis menu seafood hasil tangkapan warga sekitar juga dijual di warung-warung makan sederhana yang terbuat dari bambu dengan harga yang terjangkau, mulai dari olahan ikan hingga udang dan kerang yang dijamin segar karena berasal dari tangkapan di sekitar Pantai Slili yang bisa langsung dinikmati.

Snorkling

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Slili yang eksotis, cukup di sekitar perairan pantainya yang tidak terlalu dalam, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai biota laut seperti ikan hias, terumbu karang, rumput laut atau udang laut berbagai ukuran yang menjadi pemandangan yang sangat menenangkan dan memanjakan mata.

Pengunjung bahkan bisa bermain dengan berbagai macam ikan hias yang mudah ditemui di bibir pantai tanpa harus snorkling hingga ke tengah pantai.

Baca Juga : Wisata Situ Gunung

Fasilitas Pantai Slili

Sebagai obyek wisata yang sudah cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan, fasilitas yang terdapat di pantai ini sudah terbilang lengkap. Tak hanya sekedar musala, toilet, ruang bilas hingga area parkir yang luas saja tapi juga terdapat warung-warung makan yang menawarkan berbagai macam menu seafood yang sangat menggoda.

Demikian halnya untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan bawah laut Pantai Slili, di warung-warung makan ini juga terdapat penyewaan alat snorkling dengan tarif yang sangat terjangkau.

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Slili di waktu malam banyak juga penginapan dengan tarif yang bervariasi hingga fasilitas berupa home stay yang lebih terjangkau.

Tarif Masuk dan Jam Kunjungan

Pantai Slili ini memberlakukan tarif masuk sebesar Rp. 10 ribu perorang ditambah biaya parkir sebesar Rp. 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Sedangkan jam kunjungan yang diberlakukan biasanya dimulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 petang setiap harinya. Meski demikian, pengelola tetap membuka layanan jika ada pengunjung yang datang diluar jam buka tersebut.

Cara Menuju Pantai Slili

Pantai Slili terletak di Jalan Pantai Krakal, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul atau berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Jarak tempuh perjalanan untuk menuju Pantai Slili ini umumnya memakan waktu 2 jam perjalanan.

Rute menuju pantai Slili dari Kota Yogyakarta bisa menuju ke arah wonosari. Kemudian, masuk ke daerah Tepus dan akhirnya sampai di objek wisata ini.

Konsultasi Gratis

Namun jika Anda belum paham untuk merencanakan perjalanan wisata, maka jangan ragu untuk menghubungi tim marketing kami untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

Itulah tadi rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi liburan dan jika Anda membutuhkan bantuan transportasi perjalanan jangan ragu untuk menghubungi Discovery bus sebagai solusi yang tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.