Pantai Seruni

Pantai Seruni, Pantai Menawan yang Tersembunyi Dibalik Perbukitan Karst

Menikmati deburan ombak yang berasal dari laut lepas Samudera Hindia yang luas diantara jejeran perbukitan karst yang menjulang tinggi membuat Pantai Seruni terlihat menawan dengan keindahannya yang seolah tersembunyi dibalik bukit kapur.

Pantai Seruni Jogja

Pantai dengan pasir pantainya yang putih dan bersih hingga keindahan biota lautnya yang menakjubkan memang mampu memanjakan mata dan hati wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Tempat ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang mencari pantai yang relatif sepi, dengan suasananya yang masih segar dan bersih dari polusi udara sambil memanjakan diri dengan panorama alamnya yang cantik.

Dengan intensitas kunjungan wisatawan yang masih relatif sedikit menjadikan pantai ini dipilih para wisatawan yang cenderung memilih pantai yang tidak terlalu ramai agar lebih leluasa menikmati keindahan obyek wisata secara menyeluruh.

Tak hanya sekedar bisa memanjakan diri di pantai dengan deburan ombaknya yang kuat, banyak juga hal menarik yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Seruni.

Goa Karang yang Indah

Di dasar tebing bukit kapur yang menjulang terdapat sejumlah goa karang yang terbentuk secara alami akibat digerus ombak pantai yang kuat selama bertahun-tahun lamanya sehingga membentuk sebuah goa dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan bisa dimasuki oleh pengunjung.

Lantai goa karang yang berupa pasir pantai yang lembut yang sesekali terendam dengan air pantai juga membuat suasana goa lebih terkesan nyaman dan cocok digunakan untuk menyendiri menikmati suara deburan ombak sekaligus udara segar yang masuk ke dalam goa.

Mendaki Bukit Karang

Tak cukup hanya disitu saja, bukit karang yang tidak terlalu terjal dan lumayan landai ini juga bisa didaki oleh pengunjung dan relatif aman untuk dinaiki bahkan hingga ke puncaknya. Dari puncak bukit yang hijau oleh tanaman pandan laut ini tersaji keindahan Pantai Seruni dari atas ketinggian serta hamparan laut lepas Samudera Hindia dengan warna biru gelapnya yang mencolok yang mampu membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Berkemah

Berkemah atau camping juga menjadi daya tarik lain untuk menikmati keindahan Pantai Seruni khususnya di malam hari dengan langitnya yang cerah dihiasi bintang yang memendar ke hamparan air laut yang mampu mempesona siapapun yang bermalam di pantai ini.

Sambil menghangatkan tubuh dengan api unggun dan membakar ikan hasil memancing bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Jika tidak memiliki tenda, pengunjung bisa menyewa di warung-warung yang ada di sekitar pantai Seruni dengan tarif sewa yang lumayan murah.

Keindahan Biota Laut Pantai Seruni

Saat pagi hari ketika pantai sedang surut, pengunjung juga bisa menikmati berbagai jenis biota laut seperti banyaknya ikan hias yang berenang di tepian pantai hingga rumput laut yang melambai-lambai terbawa gelombang laut bisa jadi pemandangan yang sangat menenangkan bagi siapapun yang ingin menikmati pemandangan yang benar-benar masih sangat alami ini.

Menikmati Sunrise

Pantai ini memang selalu dikunjungi oleh wisatawan khususnya di pagi dan sore hari karena banyak wisatawan yang sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati keindahan ketika matahari terbit maupun tenggelam tepat dari atas bukit sembari ditemani deburan suara ombak laut yang kuat.

Ketika matahari terbit, sinarnya yang hangat membias di perairan pantai sehingga menghadirkan warna yang berkilauan, keindahan inilah yang diburu oleh wisatawan ketika datang di pagi hari di Pantai Seruni.

Pemandangan menjelang senja juga tak kalah indahnya, menyaksikan matahari yang mulai tenggelam di ufuk barat dengan pendaran cahaya berwarna jingga menambah suasana dan kesan romantis ketika berada di sekitar pantai.

Menyusuri Pantai

Selain itu, wisatawan juga bisa menyusuri pantai Seruni yang tidak terlalu luas ini, suasananya yang tenang dengan deburan ombaknya yang kuat bisa menjadi obat pengusir lelah setelah beraktivitas yang menguras tenaga. Terlebih menyusuri pantai ini juga tidak akan membuat lelah karena garis pantai Seruni yang relatif pendek.

Bermain Pasir Pantai

Pasir pantai Seruni yang putih dan lembut bisa menjadi tempat untuk bermain seperti membuat istana pasir atau bahkan mengumpulkan kerang dengan bentuk yang unik dan lucu bisa jadi aktivitas yang menyenangkan dan amat menghibur.

Spot Foto

Banyak juga yang menjadikan Pantai Seruni sebagai tempat foto paling indah, karena obyek wisata pantai yang menawarkan keindahan air terjun sekaligus sangat jarang dijumpai, selfie dengan latar tepian pantai dan deburan ombaknya juga akan menghasilkan foto yang keren.

Demikian juga berswafoto dengan mengambil latar air terjun yang menawan juga menghasilkan foto yang sangat instagramable bagi siapapun yang berfoto disini.

Karenanya, Pantai Seruni juga kerap dijadikan lokasi khusus oleh para fotografer untuk dijadikan sebagai lokasi foto prawedding karena keindahan pantai ini sangat susah ditemukan di tempat lain.

Baca Juga : Wisata Pantai Tepus

Fasilitas Pantai Seruni

Karena masih relatif minim kunjungan wisatawan, maka fasilitas di Pantai Seruni masih amat terbatas. Meski demikian di pantai ini sudah tersedia area parkir luas yang mampu menampung berbagai jenis kendaraan.

Selain itu, terdapat pula warung makan sederhana milik warga sekitar pantai yang menyediakan berbagai penganan ringan dan minuman hangat yang bisa dijadikan teman saat menikmati keindahan Pantai Seruni yang juga menyewakan berbagai perlengkapan seperti tenda untuk berkemah.

Tarif Masuk dan Jam Kunjungan

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Seruni, pengelola memberlakukan tarif kunjungan sebesar Rp. 10 ribu per orang. Tarif ini belum termasuk biaya parkir sebesar Rp. 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk mobil.

Sedangkan untuk jam kunjungannya, pengelola membatasi waktu kunjungan dari pukul 06.00 sampai pukul 18.00. Meski demikian untuk pengunjung yang datang di malam hari untuk berkemah pengelola tetap memberikan akses masuk.

Cara Menuju ke Pantai Seruni

Pantai Seruni ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul atau berjarak sekitar 79 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta yang memakan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Untuk menuju pantai ini dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9.

Sampai di perempatan ambil arah ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lanjutkan jalan terus menuju Jalan Pantai Selatan Jawa. Ikuti Jalan Pantai Selatan Jawa sampai di pertigaan ke arah selatan, ikuti terus jalan yang ada hingga ke Pantai Seruni.

Konsultasi Gratis

Namun jika Anda belum paham untuk merencanakan perjalanan wisata, maka jangan ragu untuk menghubungi tim marketing kami untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

Itulah tadi rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi liburan dan jika Anda membutuhkan bantuan transportasi perjalanan jangan ragu untuk menghubungi Discovery bus sebagai solusi yang tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.