Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang, Pantai dengan Sejuta Keindahan

Kombinasi warna biru dan hijau sebagai penanda kedalaman air laut di Pantai Watu Lawang terlihat sangat kontras dan menawan hati, ditambah bukit karang yang berdiri menjulang seolah hendak melindungi pantai dengan sejuta keindahan yang melingkupinya.

Pasir pantainya yang putih dan bersih terlihat berkilauan saat diterpa sinar matahari. Meski berada di pantai ini saat siang hari, bukit batu karang yang tinggi mampu menaungi siapapun yang berada dibawahnya.

Goa Watu Lawang

Tepat di tepian pantai Watu Lawang ini terdapat sebuah batu berukuran cukup besar yang bentuknya menyerupai pintu batu yang di dalamnya terdapat goa.

Keberadaan batu besar yang menjadi pintu menuju goa itulah yang menjadi inspirasi penamaan pantai ini dengan Pantai Watu Lawang atau pantai batu pintu.

Petilasan Prabru Brawijaya V

Goa Watu Lawang ini juga disebut-sebut sebagai tempat petilasan Prabu Brawijaya V yang menjadikan goa dengan suasananya yang tenang diantara deburan ombaknya yang  tidak terlalu kuat sebagai tempat untuk menyatu dengan alam.

Karenanya, tidak semua orang diperbolehkan memasuki goa ini kecuali pada momen-momen tertentu seperti pada saat ritual Nyadran yang juga digelar di pantai ini yang biasanya dilaksanakan tiap bulan Sya’ban.

Gardu Pandang

Di atas bukit karang di pantaiini terdapat sebuah gazebo kayu yang dijadikan sebagai gardu pandang untuk menikmati keindahan Pantai Watu Lawang dari atas ketinggian serta hamparan laut lepas Samudera Hindia yang mengharu biru membuat siapapun yang memandangnya akan merasakan takjub.

Benteng Batu

Saat menuju ke lokasi pantai ini, pengunjung juga sudah disajikan dengan jalan yang menyerupai benteng batu dengan jalan yang seperti lorong yang terbuat secara alami akibat pengikisan air laut.

Gazebo

Untuk lebih menikmati keindahan Pantai Watu Lawang ini juga, pengelola membangun gazebo-gazebo kecil di sekitar pantai ini untuk pengunjung beristirahat menikmati udara pantai yang sejuk sambil menikmati es kelapa muda yang segar.

Menikmati Suasana yang Asri

Di sekitar pantai ini masih banyak ditumbuhi pepohonan yang hijau dan rimbun di daratannya sedangkan di perairan pantainya terdapat bebatuan karang yang tidak terlalu tajam untuk diduduki saat berswafoto.

Pantai ini menjadi tempat yang nyaman untuk sekedar menjauhkan diri dari keramaian dan kebisingan kota dengan menikmati segarnya udara pantai serta suara deburan ombak yang tidak terlalu kuat dengan suasana yang masih relatif sepi.

Bermain Pasir Pantai

Pasir pantai di Gunung Kidul ini berwarna putih bersih dan berkilauan juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk anak-anak bermain pasir pantai seperti membuat istana pasir atau berlari-larian di sekitar pantai dengan pasirnya yang lembut dan hangat ini.

Selain itu, pasir pantainya yang lembut dan bersih dari sampah dan bekas rumah kerang juga bisa dijadikan lokasi untuk bermain bola maupun voli pantai bersama teman-teman tanpa harus terganggu aktivitas wisatawan lain karena masih minim kunjungan.

Spot Selfie

Lingkungan pantai yang masih asri dan deburan ombak pantai di Yogyakarta yang kuat juga menjadi spot yang ideal untuk berswafoto dengan mengambil latar pemandangan pantai yang indah yang sesekali ditingkahi oleh deburan ombaknya yang tinggi ketika sampai di pantai.

Menikmati Sunrise

Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini di pagi hari untuk menikmati sunrise yang muncul di sekitar pantai sehingga menghadirkan suasana yang hangat terlebih ketika sinar mentari menembus sela-sela bebatuan karang yang ada di tepian pantai dengan memberikan pemandangan yang eksotis.

Pemandangan di sore hari pun tak kalah indahnya khususnya ketika sunset menjelang dengan menghadirkan gradasi warna antara birunya laut, langit yang berwarna jingga, puncak batuan karang yang berwarna hijau cerah hingga kombinasi pasir pantai yang putih bersih.

Menyusuri Pantai

Selain itu, wisatawan juga bisa menyusuri pantai Watu Lawang yang tidak terlalu luas ini, suasananya yang tenang dengan deburan ombaknya yang kuat bisa menjadi obat pengusir lelah setelah beraktivitas yang menguras tenaga.

Penduduk yang Ramah

Meski berada jauh dari pusat kota, namun karakteristik penduduk di sekitar Pantai Watu Lawang juga terkenal dengan keramahannya khususnya kepada wisatawan. Berinteraksi dengan penduduk sekitar juga akan membuat wisatawan belajar tentang kearifan lokal di sekitar Pantai Watu Lawang atau bahkan penduduk dengan suka rela mengantarkan wisatawan ke pantai ini.

Baca Juga : Wisata Pantai Tepus

Fasilitas Pantai Watu Lawang

Sebagai obyek wisata yang masih belum terlalu dikenal dan kalah dibandingkan obyek wisata pantai lain di Gunung Kidul, pantai ini memang masih belum dilengkapi fasilitas yang memadai, namun demikian untuk pengunjung yang hendak berkunjung kesini tersedia areal parkir yang luas untuk menampung kendaraan wisatawan.

Sedangkan untuk kebutuhan seperti toilet, pengunjung bisa menumpang di toilet yang ada di warung-warung makan yang ada tak jauh dari Pantai Watu Lawang ini.

Tarif Masuk dan Jam Kunjungan

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Watu Lawang, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10 ribu dengan biaya parkir sebesar Rp. 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Sedangkan jam kunjungan yang diberlakukan oleh pengelola, dimulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 petang. Karena obyek wisata ini masih minim fasilitas dan infrastruktur jalan menuju lokasi pantai juga masih sederhana sehingga sangat beresiko ketika datang di malam hari karena minim penerangan.

Cara Menuju Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang ini berada di kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota jogja sekitar 66 km dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kendaraan pribadi. Lokasi Pantai Watu Lawang juga berada tak jauh dengan pantai lain seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal.

Karena masih minim kunjungan, papan penunjuk jalan yang menuntun wisatatan menuju ke Pantai Watu Lawang ini masih amat minim. Sehingga sangat disarankan untuk bertanya ke penduduk sekitar untuk bisa sampai ke pantai ini, khususnya ketika wisatawan telah sampai di Desa Tepus.

Anda bisa menggunakan layanan sewa bus pariwisata Discovery untuk menikmati perjalanan yang nyaman dengan pelayanan terbaik untuk berwisata.

Konsultasi Gratis

Namun jika Anda belum paham untuk merencanakan perjalanan wisata, maka jangan ragu untuk menghubungi tim marketing kami untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

Itulah tadi rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi liburan dan jika Anda membutuhkan bantuan transportasi perjalanan jangan ragu untuk menghubungi Discovery bus sebagai solusi yang tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.